Senin, 14 Januari 2013

Ayo Buat Game RPG

Belakangan ini aku merasa bosan dengan kegiatan sehari-hari. akhirnya aku kepikiran untuk membuat game RPG 2 dimensi. aku cari-cari di internet dan tada.... akhirnya ku menemukan RPG maker XP. sebenarnya tidak hanya itu, ada juga yang lainnya. tapi aku tertarik dengan engine yang satu ini.

Dalam engine ini sudah disediakan semuanya yang akan kita butuhkan untuk membuat game RPG, dari tileset (untuk membuat peta), karakter, musuh bahkan termasuk animasi dan musik. tidak hanya itu, jika kita menguasai beberapa software untuk mendesain dan software untuk membuat musik dan animasi, maka kita juga dapat membuat permainan RPG kita menjadi lebih berciri khas ala kita sendiri.

yep! tentu dapat kita jual untuk menambah penghasilan. biasanya bila laku dapat dijual dengan harga 100 ribu. bagaimana kita menjualnya? sebenarnya ada banyak cara untuk menjualnya, jadi tergantung dari kreativitas kita sendiri.
  1. kita membuat 2 versi game kita sendiri, yang satu versi origin dan yang satunya adalah versi demo. kita mempublikasikan game kita yang versi demo secara face to face, jika orang yang kita ajak bicara tertarik, maka kita persilahkan dia untuk mencoba game yang versi demo. jika respon dari orang yang kita ajak bicara tersebut merasa tertarik lagi maka kita bisa menjual dengan harga yang telah disepakati. (tentunya yang dijual adalah versi yang origin)
  2. kita burn game kita dalam kemasan CD/DVD/VCD dengan gambar sampul yang menarik, tentu dalam hal membuat ini tidak hanya satu melainkan 'banyak'. kemudian kita titipkan kepada warnet2 atau toko2 yang mau menjual hasil karya kita tersebut. tentu hal ini dilakukan jika kita memiliki modal, serta harus mengadakan perjanjian terlebih dahulu pada pihak yang bekerjasama dengan kita.
  3. kita publikasikan melalui website yang menyediakan layanan menjual hasil karya tersebut. sebenarnya aku lupa alamatnya apa.... tapi coba saja di freeonline games.com   sisanya bisa anda cari sendiri di google.

meskipun membuat game RPG ini hanyalah berbasis 2 dimensi, tapi tetap jangan meremehkan hal ini. karena  tetap saja terdapat kesulitan tersendiri dalam membuatnya.
siapa saja yang dibutuhkan dalam membuat game ini?
  • mapper = orang yang membuat jalan, kota, tempat2 tertentu, dll yang dibutuhkan dalam permainan
  • battle system standard
    battle system standard yang diubah
    battle system side view
  • scripter = orang yang membuat bahasa komputer untuk berbicara dengan komputer untuk melakukan apa yang kita inginkan untuk permainan yang kita buat. contoh : aku ingin battle system-nya terlihat dari atas dll. maka untuk melakukan hal ini para scripter-lah yang akan pusing kepala.

  • composer = orang yang berfungsi membuat lagu dari software yang diperlukan dalam permainan. membuat lagu untuk yang satu ini, biasanya bersifat instrument dan lagu yang dibuat harus sesuai dengan kondisi dalam cerita permainan.
  • event designer = orang yang membuat event dalam permainan, entah itu hanya membuat saja maupun juga menghiasnya agar lebih menarik.
  • animation (entah apa julukannya) = orang yang membuat animasi-animasi maupun efek-efek seperti gambar bergerak ketika karakter mengeluarkan jurus atau ketika karakter sedang berbicara dsb.
  • designer = orang yang membuat gambar-gambar entah itu gambar karakter, gambar panorama maupun gambar item dan gambar tileset
  • tester = orang yang menguji hasil permainan yang sudah jadi untuk mengetahui letak kesalahan - kesalahan yang masih ada di dalam permainan. untuk yang satu ini, jelas adalah orang yang pengkritik dan pandai dalam merespon apa yang dilihatnya. juga harus tahu kondisi pasar saat ini, game RPG seperti apa yang dibutuhkan/diminati oleh para gamer
yang saya tahu hanya itu saja yang dibutuhkan.

apakah ada hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat game ini?
  • perhatikan event balance dalam game, maksudnya game RPG tentu terdapat banyak event, nah! apakah event-event yang anda buat berfungsi dengan baik? apakah event-event yang anda buat dapat keluar di permainan? ataukah event-event yang anda buat masih banyak yang tidak terpakai? hal ini perlu ketelatenan dan pemikiran yang baik untuk menciptakan event yang cukup tapi dapat terpakai semuanya di dalam permainan, daripada menciptakan banyak sekali event tapi nyatanya ketika dimainkan cenderung tidak terpakai sama sekali, entah karena para gamer sering tidak mengetahui adanya event tersebut ataukah mungkin saja event tersebut diketahui oleh para gamer tapi tidak begitu penting untuk dilakukan di dalam permainan.

  • siapkan cerita yang menarik dan tidak bisa ditebak hasil akhirnya, pancing para gamer untuk tetap tertarik dengan game anda.                                                                                                         ingin tahu cerita yang menarik untuk game seperti apa?                                                       cobalah anda memainkan atau melihat cerita dari chrono cross (PS1) dan final fantasy X (PS2). anda pasti mengerti maksudku. karena dalam permainan RPG, yang namanya cerita itu sangat penting sekali, bahkan dalam permainan jenis ini, cerita itu lebih ditonjolkan daripada jenis game yang lain. (coba mainkan FFX, jika anda tidak melihat cerita di FFX, dapat dipastikan pasti anda banyak game overnya).

  • berhati-hatilah jika membuat game ini dengan lagu dari game yang sudah ada atau sudah terkenal. anda bisa terkena isu-isu hak cipta. buatlah seasli mungkin, sepersonal mungkin, yang menunjukkan bahwa game ini adalah buatan kalian sendiri.

  • berikan semacam kredit di awal dan diakhir permainan, untuk menguatkan bahwa ini adalah buatan kalian. misal : ketika di akhir permainan, muncul lagu akhir dari permainan anda, dengan diselingi 'mapper = bob' 'composer = andi sitongek' dll.
 jika kita beruntung maka kita bisa menghasilkan sesuatu dari hal yang kecil ini. ingat game buatan 'square enix', coba dilihat hasil buatan game-nya dari awal yang masih jadul hingga sekarang ini yang sudah mendekati ke arah real dari segi gambar. mereka memulai dari hal yang kecil dulu baru kemudian skill mereka berkembang dan mampu menghebohkan dunia permainan. dan perlu diingat, bahwa 'square enix' bukanlah satu pihak melainkan 2 pihak yang bersatu, yaitu antara 'square soft' dan 'enix'.

kita coba saja taktik mereka, jika kalian niat dalam membuat permainan RPG. jadi anda membuat tim sendiri untuk membuat permainan ini, hingga nama tim anda cukup dikenal oleh para gamer lokal, baru kemudian anda mencari tim lain yang sama tenarnya dan sama kuat skillnya dengan tim anda sendiri, untuk kemudian diajak bekerjasama menciptakan permainan RPG yang lebih tinggi tingkatannya.

contoh tampilan awal permainan

UPDATE 22 JUNI 2013:

Kebetulan sekali! karena tim kami sedang membutuhkan beberapa anggota lagi, yaitu 1 orang sebagai desainer dan 1 orang sebagai komposer. sebenarnya kami sudah terkumpul 4 orang dengan masing-masing sebagai mapper, scripter, komposer dan desainer di kota surabaya dan kota malang. jika anda berminat, maka hubungi saya di 081803850052 (SMS) untuk info lebih lanjut. tujuan dari tim kami adalah sebagai hobi, untuk terkenal melalui jalur permainan dan untuk berwirausaha di bidang permainan. untuk saat ini, tim kami masih mencoba dulu membuat 1 permainan sebagai uji coba dengan rencana sebagai berikut, proyek pertama dibuat bukan untuk dijual terlebih dahulu melainkan untuk mengetahui kondisi pemasaran daripada jenis permainan yang kita buat sekaligus mengetahui kondisi kekompakan kita, apakah sudah baik/buruk/kurang dan lain-lain.

semoga menyenangkan apa yang saya bagi untuk kali ini.

Tidak ada komentar: